Rabu, 14 Desember 2016

3 Minggu ++ Tanpa Ponsel Pintar

Gimana rasanya?

Pagi-pagi nggak ada kepo instagram, buka sosmed satu itu hanya via PC. Nggak ada juga ngecek Line setiap saat, ngeceknya kaya buka email aja, via PC.

Ada nggak enaknya sih, jadi berasa telat gitu kalo ngikuti obrolan di messenger. Mungkin banyak yang protes (dalam hati) saya ngabisin pulsa orang-orang gara-gara komunikasi via SMS hehe. 
Tapi banyak senengnya. Jujur aja ini kaya detoks, mengasingkan diri dari segala hingar bingar pang ping messenger, dan mengurangi kekepoan tentang aktivitas orang lain via story.

Instagram memang data eater lah pokoknya. Saya biasanya kalo nunggu dikit-dikit buka instagram. Kalo bosen buka instagram. Menurut saya bukan hanya karna seseorang itu visual person, tapi informasi via visual memang lebih mudah ditangkap daripada harus baca. Semua orang hari gini begitu kali ya, nunggu dosen sampai kelas aja gatel kan kalo nggak sambil buka sosmed, jarang yang browsing. Sekarang jadi lebih mikir, mau ngapain ya kalo nunggu, jadi sangu buku tipis ke mana-mana. Di depan laptop pun jarang buka instagram, beralih ke Pinterest. Pinterest umumnya memang tidak menawarkan visual yang live layaknya instagram, tetapi lebih informatif karena biasanya nyambung ke pranala di web. Itu lagi deh, yang bikin jarang buka Pinterest di ponsel, pranalanya itu lho, ke mana-mana. Misalnya di instagram saya suka lihat home decor/workspace decor, ya semacam cuci mata jadinya. Sedangkan kalau lihat di web, lebih informatif karena biasanya ada tutorial atau wawancara.

Bagusnya lagi, karena buka Line via PC, jadi nggak males buka pranala web dari OA-OA yang (ternyata) informatif, kalo via ponsel mungkin kelewat begitu aja karena males buka link dan loncat ke beberapa aplikasi. Kadang saya merasa aplikasi di ponsel pake susuk apa sih, kayanya kok selalu menuntut kita untuk... hanya berfokus padanya ~ yaaa.

Komunikasi jadi tersendat sih, tapi prodiktivitas sebaliknya karena lebih ngadep ke laptop jadi inget sama tugas dan nulis blog hehe.

Sampai kapan? Sampai tab saya bener. hehe

Intinya sih, saya rasa saya memang sedang harus berhenti sejenak.
Mungkin kamu juga :)



Salam,
A


2 komentar:

  1. Saya malah pernah ngrasain berbulan-bulan nis. Dan rssanya kayak legah aja. Komunikasi seperlunya dan sepentingnya, bacannya jugs jadi lebih kualitas, git gitu lah. Sosmed emang 'kadang' banyak nguras waktu produktif haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener bangeeet~ kaya detox jadinya, tapi kadang kangen juga balik lagi. Jadi sekarang coba real life-socmed life balance gitu deh hehe

      Hapus