Rabu, 26 Juli 2017

[DIY] Decorative Tin!


Assalamualaikum!

Setelah lebaran usai, pasti banyak bets kaleng-kaleng tidak terpakai. Daripada dibuang, tapi ujung-ujungnya malah beli wadah untuk tempat A, B, C, mending memanfaatkan kaleng-kaleng ini. Pasalnya kaleng bekas mudah banget dipoles supaya lebih menarik untuk digunakan kembali. Bisa dibungkus kain perca, ditempeli kertas dengan teknik decoupage dan dicat ulang!

Nah, saya sih milih yang paling gampang aja, tinggal semprot-semprot hehe. Kaleng bekas biskuit bisa jadi wadah kertas-kertas biar lebih rapi. Ini sebenarnya sudah saya buat bertahun-tahun-tahun yang lalu. Mumpung momennya pas, saya pos ulang saja yah :)

Peralatan :


kaleng

● plester kertas
● cat semprot/pilox

● koran untuk alas



cat semprotnya boleh sesuka hati, saya sih two tone saja.

 
Semprot dengan warna dasar yang diinginkan


Plester sesuai motif yang diinginkan
 Karena saya cupu, yawislah geometris saja. Tinggal tempel-tempel dengan bentuk zig-zag.


Timpa dengan cat warna lain

Karena semprotnya nggak sekaligus dan agak kagok, jadi keringnya beda-beda. Ternyata sebaiknya dibuat tipis-tipis tapi berlapis, bukannya semprot sampe ndlodhok  kaya gitu.


PS : karena nggak pengalaman main semprot aja, padahal kalau kocoknya kurang lama jadinya meleber-meleber dan nggak rapi.  Buat plester, emang enak pake plester yang bahannya semi kertas gini, gampang dikeletek tapi nggak tembus juga waktu disemprot cat.


Taraa... jadi! Itu yang atas nggak rapi deh, mungkin karena kelamaan jadi malah keburu kering, atau karena semprotannya nggak rata, catnya jadi tebal dan ga nampol.


Ngomong-ngomong soal reuse-recycle dan green lifestyle, ada diskusi menarik yang akan dilaksanakan secara daring oleh Greenpack Project dengan tema Ways Out Of Waste pada bulan Agustus nanti! Jangan sampai ketinggalan, dan cek infonya di sini.


 Selamat mencoba ya! Kalau ada ide recycle/reuse, bagi boleh lho :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar